Selasa, 18 Oktober 2016

Perubahan Sosial

Emansipasi Wanita
Perubahan sosial adalah proses perubahan yang melibatkan masyarakat secara menyeluruh meliputi aspek kaidah, nilai, perilaku, dan pelapisan.
Berikut beberapa paparan para ahli mengenai pengertian dari perubahan sosial :
1.      William F.Ogburn mengemukakan bahwa “ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial”.
2.      Kingsley Davis mengartikan “perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat”.
3.      MacIver mengatakan “perubahan-perubahan sosial merupakan sebagai perubahanperubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial”.
4.      JL.Gillin dan JP.Gillin mengatakan “perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, idiologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat”.
5.      Samuel Koenig mengatakan bahwa “perubahan sosial menunjukkan pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia”.
6.      Definisi lain adalah dari Selo Soemardjan. Rumusannya adalah “segala perubahanperubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat”.
7.      menurut Hawley (1978:787) bahwa perubahan sosial adalah setiap perubahan yang tak terulang dari sistem sosial sebagai satu kesatuan. Perubahan sosial dapat diimajinasikan sebagai perubahan yang terjadi dalam atau melingkupi sistem sosial. Lebih tepatnya perbedaan antara keadaan sistem tertentu dalam selang waktu berbeda.
Dalam membahas perubahan, kita membayangkan sesuatu yang terjadi setelah selang waktu tertentu; kita menelaah perbedaan yang diamati antara sebelum dan sesudah selang waktu tertentu. Menurut Strasser & Randall (1981:16), Untuk dapat menyatakan perbedaan dalam perubahan sosial, ciri-ciri awal unit analisis harus diketahui dengan teliti, walaupun terus berubah.
Berikut pengertian perubahan sosial menurut para ahli sosiologi untuk lebih memahami apa definisi perubahan sosial
  1. Perubahan sosial adalah perubahan formasi (Transformasi) dalam organisasi masyarakat, dalam pola berpikir dan dalam perilaku pada waktu tertentu (Macionis, 1987,638).
  2. Perubahan sosial adalah transformasi atau modifikasi dalam pengorganisasian masyarakat (Persell, 1987:586).
  3. Perubahan sosial mengacu pada variasi hubungan antar individu, kelompok (grup), organisasi, budaya dan masyarakat pada waktu tertentu (Ritzer, et.al, 1987:560).
  4. Perubahan sosial adalah perubahan pola perilaku, hubungan sosial, lembaga dan struktur sosial pada waktu tertentu (Farley, 1990:626).
  5. Hal yang perlu diketahui setelah mengulas tentang pengertian perubahan sosial adalah ada tiga gagasan yang menjadi konsep dasar perubahan sosial yaitu 1. Perbedaan (different), 2. Pada waktu berbeda (difference in time) dan 3. Di antara situasi sistem sosial yang sama.

Berikut beberapa perubahan sosial secara umum :

·         Model pakaian
Perubahan model pakaian yang terus menerus mengalami perubahan menjadikan bahan objek perbicaraan yang menarik bukan hanya di kalangan wanita akan tetapi juga pria, dahulu model pakaian hanya terpaku pada hal tertentu akan tetapi sekarang banyak model pakaian yang bahkan di rancang oleh desainer- desainer fashion.
·         Model rambut
Model rambut juga mengalami perubhan yang signifikan sesuai perkembangan zaman, banyak pilihan model rambut, seperti model lurus atau curly
·         Kesenian
Perubahan kesenian salah satunya ada pada perubahan musik, dulu musik yang berpengaruh adalah aliran melayu akan tetapi alirang yang sekarang banyak di pengaruhi oleh trend boy band atau k-pop
·         Gaya hidup
Orang – orang lebih  mengetahui dan mengikuti pola hidup sehat seperti menjalani berbagai jenis olahraga baru atau menjadi vegetarin. Namun adapula yang melakukan perubahan menjadi lebih buruk seperti menjadi pecandu narkoba. Bahkan ada yang memakan makan yang siap saji dan malas untuk masak sendiri.
·         Budaya kebarat – baratan
Salah satu budaya barat yang ramai diikuti yang kemudian menjadi kontroversi adalah perayaan valentine atau hari kasih sayang.
·         Kepercayaan
Agama adalah salah satu aspek yang sangat pribadi bagi setiap orang yang memeluknya. Perubahan sosial yang terjadi yakni salah satunya ada masjid dengan ornamen cina.
·         Emansipasi wanita
Bentuk perubahan sosial yang menjadi sebuah dongkrakan baru bagi para wanita yaitu bentuk penyetaraan kedudukan wanita dan laki – laki dalam hal pekerjaan maupun aspek lain.
·         Pola pikir masyarakat
Semakin hari semakin banyak di jejali dengan informasi mengenai apa saja yang terjadi di dunia secara tidak langsung membentuk pola pikir masyarakat menjadi lebih kritis dalam menanggapi suatu hal.
·         Bahasa
Berkembangnya budaya barat atau budaya lainnya menjadikan semakin banyak kata serapan bahasa asing yang digunakan dalam perbincangan sehari – hari. globalisasi menjadi pengaruh utamanya.
·         Pendidikan
Perubahan sistem dan penerapan kurikulum pendidikan adalah bukti nyata dari perubahan sosial.
·         Pertanian
Banyak ditemukannya peralatan – peralatan canggih yang memudahkan petani untuk menggarap lahannya yang dulu hanya menggunakan alat tradisonal adalah salah satu contoh nyata adaya perubahan sosial dan budaya.
·         Ekonomi
Contoh perubahan sosial dalam bidang ekonomi yaitu barang dari luar negeri yang lebih laku dibandingkan dengan barang dalam negeri misalnya buah dan tas.

·         Perilaku
Perubahan prilaku yang lebih buruk dikarenakan masyarakat tidak dapat menyaring jenis budaya yang masuk. Meskipun hal tersebut tidak sesuai dengan ciri khas masyarakat, dan di jadikan trend
·         Permainan
Era 90’an tanah lapang adalah tempat bermain yang paling mengasyikkan, kini tempat paling mengasyikkan adalah warnet dan rental PS atau game di android
Dari beberapa pemaparan di atas saya akan menelaskan mengenai perubahan soasial pada emansipasi wanita,
Jika pada zaman dahulu para wanita hanya diperbolehkan beraktifitas di dalam rumah atau dengan kata lain dipingit, seperti mengurus rumah tangga, mengurus anak serta suami. Namun kini para wanita sudah bebas beraktifitas di luar rumah untuk bekerja dan melakukan aktifitas lainnya. Diharapkan para wanita memperoleh persamaan hak dan kewajibannya seperti pria. Jika dahulu wanita tidak diperbolehkan sekolah, kini para wanita bebas bersekolah sampai jenjang tertinggi yang diinginkan. Kini wanita juga telah banyak menduduki berbagai jabatan di kantor,juga jabatan dalam pemerintahan bahkan di bidang militer.
Seiring berjalannya waktu semakin banyak para wanita yang memiliki aktifitas di luar rumah. Bukan hanya sekedar memperoleh persamaan hak dan kewajibannya namun juga sebagai tulang punggung keluarga. Padahal yang seharusnya melakukan adalah pria sebagai kepala keluarga. Tetapi karena adanya satu hal dan lainnya membuat para wanita juga menjadi penopang ekonomi keluarga. Tidak sedikit wanita yang kini dapat mengerjakan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh pria. Banyak kita jumpai di masyarakat wanita berprofesi sebagai tukang ojek, tukang tambal ban, sopir, kuli bangunan, bahkan juga berprofesi sebagai tentara ataupun polisi. Kesetaraan tersebut sering juga disebut dengan persamaan gender.
Adanya emansipasi wanita tersebut menjadikan perubahan sosial dalam masyarakat. Terdapat dampak positif juga dampak negatif yang dihasilkan dari persamaan gender tersebut.
Ø  Dampak positif yang  diperoleh dari persamaan gender adalah para wanita mempunyai kebebasan untuk bersekolah sampai jenjang tertinggi,  mengembangkan ide, kreatifitas serta bakat dan kemampuan yang dimiliki.
Ø  Dampak negatif dari persamaan gender tersebut yaitu terkadang para wanita justru menyalahgunakan arti dari emansipasi dan kesetaraan gender. Banyak wanita yang salah mengartikan akan arti emansipasi dan persamaan gender sehingga menyebabkan hubungan keluarga antara suami dan istri menjadi tidak harmonis, makin tingginya angka perceraian, serta hilangnya fungsi ibu sebagai pendidik generasi penerus.
Melihat dampak positif dan negatif yang dihasilkan dari emansipasi wanita, yang harus dilakukan adalah menegaskan kembali arti dari emansipasi dan kesetaraan gender. Harus selalu ditegaskan kepada para wanita juga para pria bahwa emansipasi dan kesetaraan gender perlu diterapkan bagi wanita namun tidak boleh meninggalkan kodratnya sebagai wanita.
Para wanita juga harus memiliki kesadaran bahwa suami dan keluarga adalah yang utama. Jangan menggunakan peran emansipasi sebagai kesempatan untuk melakukan semua yang wanita inginkan. Seorang wanita tetaplah seorang wanita yang memiliki kodrat dalam keluarga untuk melayani suami, mengurusi anak dan juga mengurus rumah tangga.
Itulah perubahaan sosial yang terjadi, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca, jika tulisan saya tidak berkenan ataupun menyinggung salah satu pihak saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Sumber            : hariannetral.com
  Infodanpengertian.blogspot.com

  www.kabarkabarindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar